Minggu, 12 Oktober 2014

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bidang Perniagaan dan Perdagangan

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bidang Perniagaan dan Perdagangan

(Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bidang Perniagaan dan Perdagangan) – Electronic Comerce (E-Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatan jaringan telekomunikasi terutama Internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan.
Ada banyak bentuk perdagangan secara elektonik yang dilakukan sekarang , antara lain : Internet Banking, pembelian dan penyedian barang, toko online dan sebagainya.  Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan baik kepada perusahan maupun kepada  pelanggan (customer).
Keuntungan yang diperoleh perusahan antara lain seperti di bawah ini.
  • Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain perusahan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya, perusahan atau toko di Amerika dapat menjual produknya kepada orang di Jepang.
  • Perusahan tidak perlu membuka banyak cabang-cabang distribusi.
  • Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahan, karena perusahan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.
  • Karena biaya yang dikeluarkan perusahan dapat dikurangi,maka harga barang dapat dijual dengan lebih rendah. Akibatnya lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Barang menjadi lebih banyak laku.
  • Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahan.
Sedangkan keuntungkan yang diperoleh konsumen antara lain sebagai berikut.
  • Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup ke Internet dan memesan barang, barang akan di antar ke rumah.
  • Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
  • Mempunyai lebih banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di Internet.
  • Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain, yang man di dalam negeri mungkin saja tersedia.
  • Harga barang yang di beli menjadi lebih rendah.
Sekarang  ada banyak sekali perusahan yang memanfaatkan perdagangan secara elektronik untuk mendukung usaha mereka. Bahkan beberapa perusahan mengkhususkan diri melakukan perdagangan secara elektronik saja dan tidak melakukan perdagangan secara konvensional (biasa). Di Indonesia, perdagangan secara elektronik juga sudah mulai dilakukan. Beberapa website didirikan khusus sebagai website untuk menjual barang-barang. Beberapa contohnya antara lain: glodokshop.com, apotikonline.com dan masih banyak lagi.
E-commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisinis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan informasi yang dilakukan secara elektronik. Di internet, Anda  juga bisa melakukan transaksi jual beli barang. Sekarang  di internet sudah banyak terdapat toko online. Secara fisik, mereka bukan toko dalam arti sebenarnya. Mereka hanya menyediakan situs web, dan melalui situs web ini Anda  bisa memesan barang-barang tertentu pada mereka. Misalnya saja Anda  hendak membeli mobil. Anda  tinggal mengisi formulir yang disediakan, menuliskan spesifikasi mobil yang hendak Anda  beli, lalu tekan tombol buy (beli). Pembayaran dilakukan dengan kartu kredit (melalui internet juga). Beberapa hari kemudian, mobil yang Anda  pesan tersebut diantar ke rumah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar